Apa Itu Semangat?

11.49
apa itu semangat?

Sebelum beranjak lebih jauh pada hal yang ingin dibahas disini, tentunya tentang menyemangati diri sendiri, ada baiknya kita lebih dulu untuk mengetahui apa itu semangat. Menurut versi bahasa Inggrisnya dinamakan spirit. Namun banyak orang mengartikan spirit adalah yang berkaitan dengan dunia roh, hantu, setan, dan sebagainya. Padahal spirit sendiri itu kita miliki. Dalam bahasa Indonesia dinamakan jiwa.
  1. the nonphysical part of a person that is the seat of emotions and character; the soul."we seek a harmony between body and spirit" synonyms: soul, psyche, (inner) self, inner being, inner man/woman, mind, ego, id; pneuma "harmony between body and spirit"
  2. those qualities regarded as forming the definitive or typical elements in the character of a person, nation, or group or in the thought and attitudes of a particular period."the university is a symbol of the nation's egalitarian spirit" synonyms: ethos, prevailing tendency, motivating force, essence, quintessence.
Itu menurut google. Dapat kita lihat bahwa spirit atau semangat terkait erat dengan pikiran, ego, jiwa, etos kerja, tendensi, tindakan yang termotivasi, esensi, dan lainnya. Sehingga semangat sendiri adalah keinginan diri kita sendiri untuk dapat bangkit dari keterpurukan yang sedang kita alami. Keterpurukan ini tidak lantas selalu berkaitan dengan keterpurukan yang amat buruk semisal kegagalan hidup. Tapi juga berkaitan dengan keterpurukan yang kita alami sehari-hari seperti rasa malas melakukan rutinitas atau aktifitas dan rasa bosan.

Semangat ini sendiri terkait juga dengan perjalanan spiritual seseorang menuju kedewasaan dirinya sendiri. Seperti jatuh bangunnya dirinya untuk menggapai kesuksesan. Saat seseorang mengambil hikmah setiap kejadian dalam hidupnya, maka dirinya sedang mengalami perjalanan spiritual. Hingga bangkitnya semangat dalam diri untuk meraih kembali kesuksesan yang belum didapatkannya. Spirit motivation juga merupakan hubungan erat dengan spirit yang sedang kita bahas ini. Sederhananya, spirit motivation itu adalah semangat dalam motivasi diri. Kita bersemangat untuk terus memotivasi diri saat kita tahu secara sadar kita sedang berada dalam kondisi yang tidak termotivasi. Sehingga mencari berbagai hal baik di dalam diri kita sendiri dan diluar diri kita agar dapat termotivasi.

Bisa saja tujuan seseorang sama, yaitu mencapai ke kota tujuan. Ada yang menggunakan sepeda motor, mobil, kereta api. Namun ditengah perjalanan, mereka mengalami kendala, masalah, musibah yang berbeda-beda. Seperti ban bocor, habis bensin, lelah dan harus menepi beristirahat, kehabisan tiket, dan lain sebagainya. Semangat dibutuhkan disaat itu agar bisa bangkit kembali untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan menempuh tujuan yang telah direncanakan sejak awal. Yaitu sampai ke kota tujuan.

Dilain pihak, semangat juga erat dengan sugesti diri. Kata-kata yang kita ucapkan dalam hati untuk mempengaruhi pikiran agar mau berpikir lebih keras dan lebih dalam. Coba perhatikan kalimat dibawah ini,

  • Apakah ini yang aku inginkan?
  • Apa yang salah dari yang ku kerjakan?
  • Apa yang sebenarnya aku cari dalam hidup?
  • Sudah bahagiakah aku?
  • Apakah cukup sampai disini yang aku kerjakan?

Nah, coba tanyakan kembali pada dirimu pertanyaan diatas. Setelah mengerti pemahaman dasar mengenai semangat, maka kita dapat merenungi diri dengan bijaksana. Setiap orang dipastikan memiliki semangat dalam dirinya sendiri. Jika kamu merasa sedang terpuruk, beberapa kalimat pertanyaan diatas muncul begitu saja, maka jangan putus asa dan merasa rendah diri. Karena kamu berarti mengalami hal yang dialami semua orang. Yaitu kehilangan semangatnya dalam hidup yang dijalani. Perlu untuk memunculkannya lagi dan lagi. Agar kamu sendiri bisa semangat untuk meraih motivasimu sendiri setiap kali kamu merasa gagal.

Semoga bermanfaat ya. Silahkan bertanya dan berdiskusi jika ada yang masih kamu bingungkan.

Artikel Terkait

First