Memulai Lebih Mudah Daripada Mempertahankannya

03.00
Memulai Lebih Mudah Daripada Mempertahankan


Tidak sedikit, kisah anak muda meraih impian yang akhirnya kandas ditengah jalan. Seperti judul yang sudah saya berikan, memulai itu mudah, seperti memulai bisnis. Benar, itu mudah sekali. Tapi mempertahankannya jauh lebih sulit dari apa yang pernah ada dipikiran seseorang. Saya sendiri pernah membuka bisnis kaor berkerah. Sayang vendor dicari sulit, banyak teman sekompetisi tidak mau memberikan masukan, hingga harus digulung tikarkan setelah berhasil merangkak 3 bulan. Lantaran teman yang diajak berjuang bersama, memilih untuk tidak ikut lagi melanjutkan. Perjuangan semakin berat bukan? Ya, mau bagaimana lagi. Itulah bisnis, itulah impian. Satu-satunya nasihat berarti adalah memulai lagi setelah gagal.

Di Jogjakarta, sudah sejak Mei 2015 ini FoodFezt akhirnya tutup juga. Silahkan klik di link pada tulisan "foodfezt" itu dan kamu akan membaca dari ownernya sendiri, mengapa harus sampai ditutup. Sehingga tidak menjadi gossip yang aneh-aneh. Karena memang lebih enak baca langsung dari penjelasan yang punya. Itu baru kisah FoodFezt. Di Medan, anak muda bernama Adrianus Vito Donato Sinaga membuka usaha kaos layaknya celotehan dagadu atau djoger. Namun dengan ungkapan-ungkapan khas Batak. Dulu sukses, tepatnya awal mula berdiri tahun 2013. Artinya, jualan kaos yang memiliki brand "PunyaMedan" ini sudah dimulai pertama kali membuat websitenya di tahun 2011.

Sayang beribu sayang, PunyaMedan juga harus ditutup. Lantaran saya mengecek kembali di tahun ini, beberapa blog menuliskan bahwa tanpa sebab, PunyaMedan harus ditutup. Ya, bahkan seorang pelanggan yang masih membeli kaosnya Agustus 2014 lalu juga bertanya-tanya. Lain PunyaMedan, lain empunya foodfezt. Beliau sendiri bilang, foodfezt harus ditutup juga karena kenaikan keuntungannya tidaklah signifikan. Lanjut juga karena sudah ada linibisnis tanpa mementingkan lokasi usaha yaitu makandiantar. Sehingga beliau, mas Andy, lebih memilih menutup foodfezt dan fokus di bisnis makandiantar. Sedangkan, tidak ada info lebih lanjut apakah Vito, PunyaMedan Brand ini juga beralih ke bisnis dengan bentuk yang lain atau malah benar-benar berhenti berbisnis.

Ya, memulai usaha sebagai anak muda itu hebat, keren, tapi tidaklah jauh lebih keren kalau harus bangkrut, gagal, dan tidak mencoba lagi. Kenapa? Memulai itu mudah kok. Tidak sulit. Menjalankannya, mendapatkan keuntungannya, dan juga meraih kesuksesan yang lebih besar itu sulit. Jika tidak tahan mental, malah menjadi anak-anak muda kebanyakan. Yang hanya ikut-ikut jadi entrepreneur, wirausaha muda, tapi tidak mau mencoba lagi setelah gagal. Karena tidak ada bisnis apapun di dunia ini yang dijalankan tanpa berkeringat dan susah mikir. Semua sama. Jika berharap punya bisnis nantinya malah bisa santai, bermalas-malasan, itu tidak akan pernah terjadi. Karena semakin sukses bisnisnya, dipastikan semakin sibuk orangnya.

Sudah siap untuk mencoba membuka bisnismu sendiri? Usia belum terlambat loh. Mungkin saya juga akan memulai lagi bisnis kaos. Huehehe. Karena saya sedang merintis usaha kepenulisan saya. Ayo sama-sama berjuang, sama-sama bertahan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
12 Agustus 2015 pukul 22.45 delete

Hehehe punya medan tutup itu strategi promosi bang, belum tutup, tapi karena pindah tempat ya jadinya tutup di tempat laman namun buka tempat baru, hehehe.. meskipun beberapa outlet ditarik kegudang dagangannya, tapi jualannya di carefour masih lancar jaya, hanya saja produksi tidak begitu jor-joran produk barunya

Reply
avatar